INDONESIA GAWAT DARURAT

oleh Fahmi Faqih

Membicarakan Indonesia hari ini ibarat membicarakan kompleksitas penyakit sudah sangat akut, di mana setiap upaya penyembuhan, seakan hanya menemu jalan buntu. Namun, bagi orang-orang yang masih memiliki akal sehat dan hati nurani, sudah barang tentu akan terus melakukan perlawanan, terlepas apakah perlawanan itu membawa hasil atau tidak. Dalam konteks inilah saya kira, mengapa Ilham J Baday dan Wukir Suryadi masih terus menciptakan karya-karya mereka, termasuk ketika mengetengahkan “Ambience Experiment ini ke hadapan kita.
Salah satu penyakit kronis yang diderita bangsa ini, adalah kesalahan penguasa dalam memahami substansi kekuasaannya. Kekuasaan yang harusnya dipahami sebagai alat untuk menyejahterakan masyarakat, telah berbalik fungsi menjadi sarana penyengsaraan. Dan penyengsaraan itu, kini telah mengambil wujud dalam bentuk paling mengerikan yaitu penghilangan sentra budaya yang, dalam kasus Taman Budaya Jawa Timur, diistilahkan dengan bahasa sok keren: “dialihfungsikan.”
Kemaslahatan apa yang akan kita dapat ketika Taman Budaya Jawa Timur – meminjam istilah sok keren tadi – “dialihfungsikan” (meskipun) menjadi Balai Pelatihan Pelajar? Jawabannya saya tidak tahu. Tapi yang tahu dan sudah pasti, kita tak lagi bisa menyaksikan Surabaya Full Music, Festival Cak Durasim, Surabaya Dance Festival, dan sederet aktifitas kesenian lainnya, baik yang tradisi maupun modern. Lalu, di tengah kegersangan hidup di jaman yang lebih banyak merayakan kesemuan ini, ke mana lagi kita akan mencari “tempat istirahat” pikiran kita, untuk jiwa-jiwa kita?

“Ambience Experiment,” akhirnya, adalah upaya yang harus didukung oleh segenap komponen bangsa, agar Indonesia yang dalam kondisi gawat darurat ini tidak menjadi sekarat, kemudian mati sia-sia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: